Kapolres Bungo Pimpin Rakor Lintas Sektoral Menghadapi Ancaman Omicron

    Kapolres Bungo Pimpin Rakor Lintas Sektoral Menghadapi Ancaman Omicron
    Kapolres Bungo AKBP Guntur Saputro pimpin Rakor Lintas Sektoral Antipasi Menghadapi Ancaman Omicron, Rabu (2/2)/foto: dok Polres Bungo

    JAMBI – Tajamnya lonjakan kasus Omicron (varian baru virus Korona, Red) sepekan belakangan di Indonesia, harus diwaspadai dan disikapi ekstra serius oleh masyarakat serta para pemangku instansi lintas sektoral.

    Kapolres Bungo Ajun Komisaris Besar Guntur Saputro menyampaikan hal itu saat memimpin Rapat Koordinasi  Lintas Sektoral terkait Antisipasi Penyebaran Covid 19 varian Omicron di Kabupaten Bungo di Aula Mapolres Bungo, Rabu (2/2).

    PAPARAZI.CO.ID
    market.biz.id PAPARAZI.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Hadir dalam rapat antara lain Dandim 0416/Bute Letkol Inf Ariyanto Maskare Subagio (diwakili Pasi Ops), Bupati Bungo diwakili Asisten I Zulpadli, Kepala BPBD Tabroni , Kadinkes dr Syafrudin Matodang , pemangku dinas pendidikan, kapolsek jajaran Polres Bungo,  para camat dan pemuka masyarakat.

    BIGISSUE.ID
    market.biz.id BIGISSUE.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Guntur Saputro mengkhawatirkan, lonjakan kasus virus korona dimaksud akan terus naik di tanah air. Bahkan bisa 4 x lipat dari puncak kasus tahun lalu. Bulan Februari diperkirakan banyak pihak merupakan puncak gelombang ketiga, sehingga perlu pengetatan PPKM serta tracing dan testing agresive.

    Dikatakan Guntur, penyebaran kasusnya,  mayoritas bermula dari perjalanan luar negeri, dan secara cepat menyebar melalui transmisi lokal. Sebab itu, kata Guntur mengingatkan, posko PPKM di Bandara Bungo harus bekerja lebih ekstra untuk mendeteksi dan memperketat pengawasan. Antara lain dengan melakukan testing random apabila ada potensi penumpang yang bergejala symptom omicron.

    POLITISI.ID
    market.biz.id POLITISI.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Kendati disebut-sebut tingkat fatalitasnya (kematian) terbilang rendah, kecepatan penularan Covid-19 varian Omicron, perlu diantipasi secara efektif. Kapan perlu dengan mengubah strategi penanganan.

    Antara lain menyiapkan dini tempat isolasi di luar rumah sakit (isoter). Selain itu dinas kesehatan, penting mengajukan permintaan obat-obatan ke Kementerian Kesehatan sebagai langkah awal untuk mengantisipasi apabila penularan Omicron terdeteksi di Bungo.

    Herd Immunity

    Sementara dalam upaya pemantapan herd immunity, terutama untuk percepatan vaksinasi anak, perlu memperbanyak titik kegiatan vaksinasi. Dan para orangtua dalam pelaksanaannya diminta ikut mendampingi anak-anak mereka. Menopang hal ti, perlu kesiapan nakes berikut sumber daya pendukung, termasuk ketersediaan vaksin juga.

    Guntur juga kembali mengigatkan kepada kepala desa agar mendata kembali warganya yang sudah melaksanakan vaksinasi. Sehingga didapatkan data yang  benar benar real dan sesuai dengan persentase capaian yang ditetapkan kemenkes. Sekaligus untuk mengukur datanya apakah sesuai atau tidak terhadap data bottom up kabupaten.

    Untuk itu, pemasangan Barcode Aplikasi peduli Lindungi di tempat-tempat wisata, hotel, perkantoran , mall serta lokasi pusat kegiatan masyarakat perlu dioptimalkan. Guna mendeteksi warga yang sudah divaksin. Sekaligus untuk mendeteksi kondisi kesehatan masyarakat guna menghambat penyebaran Covid 19 varian Omicron

    XPRESS.CO.ID
    market.biz.id XPRESS.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Sementara itu Asisten I Zulfadli menyampaikan beberapa kecamatan serta dusun (desa) di Bungo masih rawan penularan Covid-19, karena capaian vaksinasinya  belum maksimal.

    Kepada jajaran dinas kesehatan serta Dinas Kominfo, Zulfadli meminta supaya gencar  menyosialisasikan tentang pentingnya vaksinasi, dan ancaman penularan Covid-19 varian Omicron yang begitu cepat.(permato)

    Polres Bungo Kapolres Bungo AKBP Guntur Saputro Omicron
    solmi

    solmi

    Artikel Sebelumnya

    Kapolda Jambi Minta Satpam Terus Asah Keterampilan...

    Artikel Berikutnya

    Bupati Merangin Berikan Bantuan Sapi ke...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Achmad Sarjono verified

    Syafruddin Adi

    Syafruddin Adi verified

    Postingan Bulan ini: 39

    Postingan Tahun ini: 2416

    Registered: Apr 8, 2021

    Afrizal

    Afrizal verified

    Postingan Bulan ini: 33

    Postingan Tahun ini: 1833

    Registered: May 25, 2021

    Indra Gunawan

    Indra Gunawan verified

    Postingan Bulan ini: 13

    Postingan Tahun ini: 648

    Registered: Nov 15, 2021

    Wijaya

    Wijaya verified

    Postingan Bulan ini: 11

    Postingan Tahun ini: 726

    Registered: Oct 11, 2021

    Profle

    Achmad Sarjono verified

    Kolaborasi FISIP-TVRI Jawa Timur untuk Program Beranda Kampus 
    Ustazd Zainal Arifin Ajak Peduli Sesama yang Tertimpa Musibah
    Kasal Tinjau Bakal Lokasi Mabes AL di IKN Nusantara
    Paripurna DPR RI, Hasnah Syam Sampaikan Pendapat Fraksi Nasdem

    Rekomendasi

    Zainal Bintang: Teater Politik Indonesia, Drama Tirani Ambang Batas
    Rifai Sebut Bupati Batang Hari Selalu Membuka Diri untuk Masyarakat Melalui Jumat Berkah
    Hoegeng Award, Kapolri Buka Ruang Kritik Untuk Terus Lakukan Perbaikan
    Kasal Tinjau Bakal Lokasi Mabes AL di IKN Nusantara
    Saat Ini Semua Perusahaan Robot Trading Ilegal

    Ikuti Kami